'/> Teks Pidato Perihal Lingkungan Sekolah ( 5 Pola Terbaik )

Info Populer 2022

Teks Pidato Perihal Lingkungan Sekolah ( 5 Pola Terbaik )

Teks Pidato Perihal Lingkungan Sekolah ( 5 Pola Terbaik )
Teks Pidato Perihal Lingkungan Sekolah ( 5 Pola Terbaik )
Apakah kalian ketika ini sedang mencari '' Teks Pidato Tentang Lingkungan Sekolah "? Nah sempurna sekali kalian mampir di blog kami. Sebelum lebih jauh mempelajari teks pidatonya alangkah baiknya kalian apa ilu lingkungan sekolah.

Lingkungan sekolah adalah jumlah semua benda hidup dan mati serta seluruh kondisi yang ada di dalam forum pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan kegiatan pendidikan dan membantu siswa menyebarkan potensinya.

Lingkungan diartikan sebagai kesatuan ruang suatu benda, daya, keadaan dan mahluk hidup termasuk insan dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan insan serta mahluk hidup lainnya (Munib, 2005:76).

Pengertian Sekolah adalah wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung. Di sekolah diadakan kegiatan pendidikan, pembelajaran dan latihan (Tu’u, 2004:18). Sekolah merupakan forum pendidikan formal yang sistematis melaksanakan kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan dalam rangka membantu siswa biar bisa megembangkan potensinya baik yang menyangkut aspek moral, spiritual, intelektual, emosional maupun sosial (Syamsu Yusuf, 2001:54).

 Nah sempurna sekali kalian mampir di blog kami Teks Pidato Tentang Lingkungan Sekolah ( 5 Contoh Terbaik )

Nah berikut ini Teks Pidato Tentang Lingkungan Sekolah ( Contoh Terbaik ) :


( CONTOH 1 )

Contoh pidato Bersih dan hijau di lingkungan sekolah

Assalamualaikum wr.wb


Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah Sekolah Menengan Atas Negeri 5 Surakarta, yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan Sekolah Menengan Atas Negeri  5 Surakarta,  dan sahabat – sahabat semua yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, alasannya ialah berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita sanggup berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan.

Maka dari itu, perkenankanlah saya memberikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisir penyebaran penyakit dan akan menunjukkan kenyamanan ketika berada di lingkungan tersebut.

Oleh alasannya ialah itu lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses berguru mengajar di kelas. Siswa dan guru akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif alasannya ialah didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman.

Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah sanggup menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, menyerupai membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci alasannya ialah sanggup menjadi sarang nyamuk. 

Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna membuat lingkungan yang sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang sanggup saya sampaikan, semoga kita semua sanggup menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan saya mohon maaf.


Wassalamualaikum wr.wb
--------------------------------------------------------------------



( CONTOH 2 )

Contoh pidato yang bertema ihwal kebersihan lingkungan sekolah

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pati
Yang saya hormati dewan guru serta staf tata perjuangan Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pati
Dan teman-teman yang saya cintai

Ucapan syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga sanggup bertemu di daerah ini. Pada kesempatan kali ini perkenankan saya memberikan pidato dengan tema “Menjaga Kebersihan Lingkungan di Sekolah”

Hadirin yang berbahagia,
Lingkungan merupakan daerah hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh alasannya ialah itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita biar kita sanggup hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan ialah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan sanggup dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan.Contohnya ialah membuang sampah pada tempatnya.

Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di sekolah sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan, minuman, atau kertas. Padahal daerah sampah yang disediakan sekolah sudah memadai.

Di setiap sudut sekolah terdapat daerah sampah, di dalam kelas pun terdapat daerah sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita.

Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga sanggup menjalankan piket kelas sebagai tindakan menjaga kebersihan lingkungan di sekolah dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke daerah sampah.

Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:1.    Sampah Basah yaitu sampah yang gampang terurai dan membusuk.

 contoh: sisa makanan, sayur, buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.2.    Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah.
 contoh: kertas, kardus, plastik, karet, kaca, kaleng dan lain-lain.3.     Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat    membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme.

contoh:  baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dan lain-lain.

Tapi daerah sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah lembap dan sampah kering.
Tetapi, pemisahan sampah lembap dan sampah kering tersebut waktu dibuang kesudahannya disatukan kembali.

Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampah lembap dan sampah kering sehingga mengurangi pencemaran lingkungan.

Hadirin yang berbahagia,
Kebersihan ialah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman  peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan kita.

Hadirin,

Sekian yang sanggup saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Apabila ada tutur kata dan tingkah laris yang kurang berkenan, saya mohon maaf, terimakasih.

Wassalamualaikum. Wr.Wb.

-----------------------------------------------------------------------



( CONTOH 3 )

Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Assalamu'alaikum Wr. Wb,

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah menunjukkan kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita sanggup berkumpul pada kegiatan hari ini. Ucapan terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada rekan rekan guru dan belum dewasa ku tercinta siswa siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini.

Isi Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah :

Hadirin yang saya cintai, lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Alangkah tidak bijaknya kalau lingkungan di sekitar kita terlihat tidak yummy dipandang dan terasa tidak lagi nyaman.  Apalagi sekolah ini yang menjadi daerah setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu.

Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh alasannya ialah itu, saya sebagai bab dari sekolah ini sangat menginginkan akan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.

Setiap kelas seharusnya sudah mempunyai kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Setiap siswa yang mempunyai jadwal piket, sudah sepatutnya mereka selalu tiba lebih awal sehingga ketika pelajaran pertama sudah dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai higienis dan nyaman untuk ditempati.

Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Disediakannya tong sampah niscaya selalu beralasan yaitu biar kita selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga sekolah kita tidak menyerupai lapangan sepakbola yang habis dipakai sebagai konser, ada banyak sampah yang tak sedap dipandang mata.

Akhirnya, menyerupai halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan ialah bab dari Iman, meski kontek fatwa tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bab yang menyebabkan sekolah kita sebagai daerah yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Penutup Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah :

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk memberikan sepatah dua patah pidato singkat ini, kalau ada salah kata semoga bisa dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

--------------------------------------------------------------------------



( CONTOH 4 )

Contoh Naskah Pidato Tema Menjaga Lingkungan Di Sekolah

Pidato tema kebersihan lingkungan di sekolah.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT alasannya ialah berkah dan karunianya kitasemua sanggup berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga kepada kita sebagai pengikutnya.

Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada hari ini saya akan memberikan pidato ihwal “Menjaga Lingkungan Di Sekolah”.

Teman-teman, ketahui bahwa lingkungan merupakan daerah hidup bagi semua makhluk hidup.Oleh alasannya ialah itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita biar kita sanggup hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan ialah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan sanggup dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita.Contohnya ialah membuang sampah pada tempatnya.

Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal daerah sampah yang disediakan sekolah sudah memadai.

Di setiap sudut sekolah terdapat daerah sampah, di dalam kelas pun terdapat daerah sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita.

Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga sanggup menjalankan piket kelas sebagai agresi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke daerah sampah.
Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:

1. Sampah Basah yaitu sampah yang gampang terurai dan membusuk,
contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.
2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll
3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Tetapi daerah sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah lembap dan sampah kering.Tetapi pada kesudahannya pemisahan sampah lembap dan sampah kering tersebut kesudahannya waktu dibuang itu disatukan kembali jadi sia-sia kita memila sampah lembap dan sampah kering kalau pada kesudahannya juga disatukan kembali.

Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampahbasah dan sampah kering untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Sebagai penutup, saya hanya ingin memberikan pesan dari pidato saya dengan memberikan sebuah pepatah. Kebersihan ialah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan.

Demikianlah pidato yang sanggup saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya sayaucapkan terimakasih dan saya akhiri.

WalbilaihiTaufikWalhidayahWassalamu’alaikum Wr.Wb

---------------------------------------------------------------------------------


( CONTOH 5 )

NASKAH PIDATO TEMA MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Kepala sekolah SMPN 2 Genteng,
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru dan staf karyawan SMPN 2 Genteng
serta teman-temanku yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa alasannya ialah dengan rahmat-Nya kita sanggup berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun. Perkenankanlah saya bangkit disini untuk membahas ihwal kebersihan lingkungan sekolah.

Hadirin yang saya hormati
Kebersihan lingkungan sekolah di dalam kehidupan kita haruslah kita perhatikan, alasannya ialah kebersihan lingkungan sangat dekat kaitannya dengan kesehatan kita. Apabila lingkungan higienis maka kesehatan kita pun ikut terjaga, begiti pula sebaliknya.

Kebersihan lingkungan bekerjsama sanggup dimulai dari diri kita sendiri, mulai dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan 3M untuk mencegah DBD (deman berdarah), dan juga hal-hal lain.

Apabila kita telah melaksanakan hal-hal tersebut maka kita sanggup mengajak semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita.

Sebagai contoh, kita warga sekolah sanggup melaksanakan daur ulang terhadap sampah-sampah bekas kuliner yang kita makan, yaitu dengan cara memisah sampah plastik dengan sampah dedaunan ataupun sampah organik. Sampah-sampah organik sanggup kita jadikan kompos, sedangkan sampah-sampah plastik sanggup kita daur ulang menjadi barang kerajinan ataupun hal-hal lain yang bermanfaat.

Dengan kompos yang kita buat, kita juga sanggup menanam bunga-bunga dan tumbuhan-tumbuhan yang mempunyai kegunaan untuk menjaga lingkungan dari polusi udara, dan menambah asri lingkungan sekolah kita.

Demikianlah sedikit hal-hal yang sanggup saya sampaikan semoga dengan kepedulian kita terhadap lingkungan sekolah sanggup membuat gambaran nyata yang sanggup menjadi referensi bagi warga sekolah lainnya dan juga semoga sanggup membuat lingkungan yang higienis dan asri bagi kita semua.

Demikian yang sanggup saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila ada kata-kata saya yang tidak berkenan di hati.

Saya juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dari teman-teman sekalian dan final kata saya ucapkan

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Nah demikian isu yang sanggup kami berikan ihwal '' Teks Pidato Tentang Lingkungan Sekolah ". Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi  sebelum berpidato.
Advertisement

Iklan Sidebar